Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Ilmiah (Saintifik Approach)
Fase/Sintak
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Persiapan
|
Persiapan Guru sebelum melakukan pembelajaran PJOK, yaitu:
1.
Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, bahan
ajar, RPP,
LKS, lembar presensi, lembar pengamatan, dan instrumen penilaian)
2.
Menyiapkan peralatan (matras,
meteran, bendera, kapur, stopwatch,
peluit, dan cone)
|
Sebelum pembelajaran
|
Pembelajaran
Pendahuluan
|
25 Menit
|
|
|
1.
Guru
mengumpulkan peserta didik pada suatu tempat tertentu, kemudian
membariskannya dalam syaf, setengah lingkaran atau bentuk variasi lain sesuai
dengan keadaan dan dibantu oleh salah seorang peserta didik serta menghitung jumlah
peserta didik yang hadir dalam proses pembelajaran.
2.
Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik.
3.
Guru atau
salah satu peserta didik memimpin dan mengajak peserta didik berdoa terlebih
dahulu, untuk kelancaran jalannya proses
pembelajaran dan sebagai wujud rasa syukur kepada TYME karena diberikan tubuh
yang sehat.
4.
Guru atau
salah satu peserta didik memimpin dan mengajak seluruh peserta didik untuk
menyanyikan lagu kebangsaan Garuda Pancasila.
5.
Guru
menanyakan kondisi kesehatan peserta didik secara umum dan memastikan bahwa
semua peserta didik dalam keadaan sehat, dan bagi peserta didik yang
mengalami gangguan kesehatan serius seperti asma, jantung dan penyakit kronis
lainnya harus diperlakukan secara khusus.
6.
Guru
melakukan apersepsi berupa penyampaian tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta
didik dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik terdorong untuk
ikut pembelajaran dengan semangat.
7.
Guru atau
salah seorang peserta didik yang dianggap mampu memimpin dan melakukan
pemanasan. Pemanasan (warming up) berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga
tubuh terutama otot dan sendi dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi
tingkat resiko cedera serta membangun kepercayaan diri dan rasa nyaman ketika
bergerak. Pemanasan dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan dan
berkaitan erat dengan kegiatan inti yang akan dilakukan, yaitu
permainan “Batu Bata, Estapet tongkat, benteng kepala 2 atau 3,
loncat kaki teman secara bergantian”.
|
|
Pembelajaran
Inti
|
90 Menit
|
|
Mengamati (saintifik)
Menanya (saintifik)
Mengumpulkan
informasi (saintifik)
Mengasosiasi (saintifik)
Mengkomuni-kasikan (saintifik)
|
1. Peserta didik secar individual mengamati video atau media gambar gerakan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi,
lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) yang
ditampilkan oleh guru dengan perilaku yang santun, kemudian didemonstrasikan
oleh guru atau peserta didik.
2. Peserta
didik menyampaikan pertanyaan
secara bergantian berkaitan dengan
gerakan latihan (lari 1200
m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run,
loncat tegak, dan sit and reach test) yang
merupakan komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan.
3.
Peserta didik mengumpulkan informasi
secara berkelompok dengan cara:
a. Menggali informasi berkaitan
dengan komponen TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) dari buku atau pun media
yang lainnya,
b.
Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan
dan cara memperbaiki
kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan latihan (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari
60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) dan membuat kesimpulannya,
c.
Memperagakan berbagai bentuk latihan
TKJI (lari 1200
m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run,
loncat tegak, dan sit and reach test). Guru
menugaskan peserta didik melakukan tugas gerak yaitu :
Ø Tugas gerak I : latihan daya tahan tubuh (lari 1200 m pa dan lari 1000 pi).
Ø Tugas gerak II: latihan kecepatan (lari 60 m).
Ø Tugas Gerak III: latihan kelincahan (suttle run).
Ø Tugas
gerak IV: latihan kekuatan otot (loncat tegak).
Ø Tugas
gerak V: latihan kelenturan (Sit and reach test).
4. Peserta didik mengasosiasi
dan menentukan bentuk latihan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari
60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) yang terkait dengan
kesehatan maupun keterampilan
sesuai dengan kemampuannya untuk meningkatkan kebugaran secara berkelompok.
5. Guru mengkomunikasikan materi yang
diajarkan dengan melakukan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) terkait
dengan kesehatan sesuai
dengan tugas gerak yang diberikan baik secara individu, berpasangan maupun berkelompok dengan koordinasi yang baik dan menunjukkan perilaku
sportif,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan karakteristik
individual, kerjasama, toleransi dan disiplin.
|
|
Pembelajaran Penutup
|
20 Menit
|
|
|
1.
Melakukan
pendinginan (colling down) melalui
permainan rekreatif yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang peserta didik
yang dianggap mampu sesuai dengan materi pembelajaran, dan menjelaskan kepada
peserta didik tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan
aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot-otot dan tubuh
tetap bugar (segar).
2.
Guru melakukan
tanya-jawab dengan peserta didik yang berkenaan dengan materi pembelajaran
yang telah diberikan.
3.
Guru melakukan
evaluasi
dan memberikan masukan serta saran-saran tentang apa yang telah dilakukan
selama proses pembelajaran berlangsung yang meliputi sikap
(attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill) yang telah dipelajari peserta
didik.
4.
Guru memberikan apresiasi (penghargaan)
berupa sanjungan, tepuk tangan, nilai tambahan bagi
kelompok terbaik/baerhasil dan yang belum berhasil agar lebih giat lagi
belajar.
5.
Guru mengkaitkan
materi pembelajaran dengan pembiasaan dan manfaat yang bisa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
6.
Guru menginformasikan
tentang materi (ujian, materi terkait, materi lain) pada pertemuan berikutnya.
7.
Setelah
melakukan aktivitas olahraga, seluruh peserta didik dan guru melakukan doa penutup
menurut agama
masing-masing dan setelah itu peserta didik dibubarkan
serta bersalaman.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar