Jumat, 06 Mei 2016

Contoh RPP (Sintak Pembelajaran Kurikulum 2013 Mapel PJOK)



Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Ilmiah (Saintifik Approach)
 
Fase/Sintak
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Persiapan
Persiapan Guru sebelum melakukan pembelajaran PJOK, yaitu:
1.      Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, bahan ajar, RPP, LKS, lembar presensi, lembar pengamatan, dan instrumen penilaian)
2.      Menyiapkan peralatan (matras, meteran, bendera, kapur, stopwatch, peluit, dan cone)
Sebelum pembelajaran
Pembelajaran Pendahuluan
25 Menit




























1.   Guru mengumpulkan peserta didik pada suatu tempat tertentu, kemudian membariskannya dalam syaf, setengah lingkaran atau bentuk variasi lain sesuai dengan keadaan dan dibantu oleh salah seorang peserta didik serta menghitung jumlah peserta didik yang hadir dalam proses pembelajaran.
2.   Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
3.   Guru atau salah satu peserta didik memimpin dan mengajak peserta didik berdoa terlebih dahulu, untuk kelancaran jalannya proses pembelajaran dan sebagai wujud rasa syukur kepada TYME karena diberikan tubuh yang sehat.
4.   Guru atau salah satu peserta didik memimpin dan mengajak seluruh peserta didik untuk menyanyikan lagu kebangsaan Garuda Pancasila.
5.   Guru menanyakan kondisi kesehatan peserta didik secara umum dan memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat, dan bagi peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan serius seperti asma, jantung dan penyakit kronis lainnya harus diperlakukan secara khusus.
6.   Guru melakukan apersepsi berupa penyampaian tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik terdorong untuk ikut pembelajaran dengan semangat.
7.   Guru atau salah seorang peserta didik yang dianggap mampu memimpin dan melakukan pemanasan. Pemanasan (warming up) berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh terutama otot dan sendi dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi tingkat resiko cedera serta membangun kepercayaan diri dan rasa nyaman ketika bergerak. Pemanasan dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan dan berkaitan erat dengan kegiatan inti yang akan dilakukan, yaitu permainan “Batu Bata, Estapet tongkat, benteng kepala 2 atau 3, loncat kaki teman secara bergantian.

Pembelajaran Inti
90 Menit
Mengamati (saintifik)





Menanya (saintifik)




Mengumpulkan informasi (saintifik)

























Mengasosiasi (saintifik) 



Mengkomuni-kasikan (saintifik)
1.   Peserta didik secar individual mengamati video atau media gambar gerakan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) yang ditampilkan oleh guru dengan perilaku yang santun, kemudian didemonstrasikan oleh guru atau peserta didik.
2.   Peserta didik menyampaikan pertanyaan secara bergantian  berkaitan dengan gerakan latihan (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) yang merupakan komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan.
3.      Peserta didik mengumpulkan informasi secara berkelompok dengan cara:
a.       Menggali informasi berkaitan dengan komponen TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) dari buku atau pun media yang lainnya,
b.      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan latihan (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) dan membuat  kesimpulannya,
c.       Memperagakan berbagai bentuk latihan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test). Guru menugaskan peserta didik melakukan tugas gerak yaitu :
Ø  Tugas gerak I : latihan daya tahan tubuh (lari 1200 m pa dan lari 1000 pi).
Ø  Tugas gerak II: latihan kecepatan (lari 60 m).
Ø  Tugas Gerak III: latihan kelincahan (suttle run).
Ø  Tugas gerak IV: latihan kekuatan otot (loncat tegak).
Ø  Tugas gerak V: latihan kelenturan (Sit and reach test).
4.      Peserta didik mengasosiasi dan menentukan bentuk latihan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) yang terkait dengan kesehatan maupun keterampilan sesuai dengan kemampuannya untuk meningkatkan kebugaran secara berkelompok.
5.      Guru mengkomunikasikan materi yang diajarkan dengan melakukan TKJI (lari 1200 m pa, 1000 m pi, lari 60 m, suttle run, loncat tegak, dan sit and reach test) terkait dengan kesehatan sesuai dengan tugas gerak yang diberikan baik secara individu, berpasangan maupun berkelompok dengan koordinasi yang baik dan menunjukkan perilaku sportif, bertanggung jawab, menghargai perbedaan karakteristik individual, kerjasama, toleransi dan disiplin.

Pembelajaran Penutup
20    Menit

1.      Melakukan pendinginan (colling down) melalui permainan rekreatif yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang peserta didik yang dianggap mampu sesuai dengan materi pembelajaran, dan menjelaskan kepada peserta didik tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot-otot dan tubuh tetap bugar (segar).
2.      Guru melakukan tanya-jawab dengan peserta didik yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
3.      Guru melakukan evaluasi dan memberikan masukan serta saran-saran tentang apa yang telah dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yang meliputi sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill) yang telah dipelajari peserta didik.
4.      Guru memberikan apresiasi (penghargaan) berupa sanjungan, tepuk tangan, nilai tambahan bagi kelompok terbaik/baerhasil dan yang belum berhasil agar lebih giat lagi belajar.
5.      Guru mengkaitkan materi pembelajaran dengan pembiasaan dan manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Guru menginformasikan tentang materi (ujian, materi terkait, materi lain) pada pertemuan berikutnya.
7.      Setelah melakukan aktivitas olahraga, seluruh peserta didik dan guru melakukan doa penutup menurut agama masing-masing dan setelah itu peserta didik dibubarkan serta bersalaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar